Home Data & Statistik Kota Berawalan Huruf J: Profil Area Destinasi Indonesia

Kota Berawalan Huruf J: Profil Area Destinasi Indonesia

19
0
SHARE
kota berawalan huruf j

Setelah kita menyimak apa saja kota berawalan huruf I, selanjutnya kita beralih ke huruf J. Indonesia terdiri dari beberapa provinsi yang memiliki beberapa kabupaten/kota. Dimana masing-masing memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Berikut profil beberapa kota berawalan huruf J yang anda perlu ketahui.

Kabupaten Berawalan Huruf J – Jember

Salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur adalah Jember. Lokasinya berada di lereng pegunungan Yang dan Gunung Argopuro yang membentang dari utara ke selatan hingga Samudra Hindia. Keberadaan kabupaten ini sangat strategis dan kaya akan sumber daya alam.

Kabupaten Jember terdiri dari 31 kecamatan, 22 kelurahan, dan 226 desa yang masing-masing memiliki berbagai potensi. Mayoritas penduduk Kabupaten Jember berasal dari suku Jawa dan beragama Islam. Sebagian penduduknya bekerja sebagai petani sehingga perekonomian masih ditunjang dari sektor pertanian.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf K: Kekayaan Area Indonesia

Dengan luas wilayah 3.092,34 km² memiliki jumlah kepadatan rata-rata 787,47 jiwa/km2. Banyak juga masyarakat Tionghoa yang tinggal di pusat kota kabupaten ini.

kota berawalan huruf j - jember
pantai di jember – sumber gambar: liputan6.com

Kota Berawalan Huruf J – Kota Jakarta Pusat

Kota administrasi Jakarta Pusat merupakan nama dari salah satu pusat di DKI Jakarta. Memiliki pusat pemerintahan di daerah Menteng. Merupakan sebuah administrasi terkecil yang ada di provinsi DKI Jakarta. Mayoritas penduduk di kota tersebut memeluk agama Islam dan Nasrani.

Letak dari kota ini sangat strategis karena berada di jantung ibukota NKRI. Kota Jakarta Pusat memiliki 8 kecamatan dan empat kelurahan dengan kode pos 10110 hingga 10750. Luasnya sekitar 48,13 km2 (1,858 sq mi) yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Kota administrasi Jakarta Pusat dikenal sebagai perangkat pemerintahan DKI Jakarta yang dipimpin Walikota. Bertanggung jawab pada Gubernur lewat Sekretaris Daerah. Karena merupakan kota khusus, sehingga wilayahnya memiliki banyak kantor pemerintahan baik itu dalam maupun luar negeri.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf I: Tentang Wilayah Indonesia

Kota Berawalan Huruf J – Kota Jayapura

Kota Jayapura merupakan ibu kota dari Provinsi Papua, NKRI. Yang mana terletak paling timur di Indonesia yaitu teluk Jayapura. Terdiri dari 5 distrik atau kecamatan, 25 kelurahan, dan 14 kampung.

Topografi dari wilayah ini sangat bervariasi. Terdiri dari dataran hingga landai. Banyak terdapat bukit dan gunung yang tingginya ± 700 meter di atas permukaan laut.

Mayoritas penduduk wilayah Kota Jayapura beragama Nasrani. Tetapi, banyak juga yang beragama Islam. Penduduk disana kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai seorang petani.

Tetapi ada sebagian wilayah disana yang memiliki potensi perikanan yang unggul. Sehingga antara pertanian dan perikanan bisa berjalan dengan seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here