Home Data & Statistik Kota Berawalan Huruf K: Kekayaan Area Indonesia

Kota Berawalan Huruf K: Kekayaan Area Indonesia

221
0
SHARE
kota berawalan huruf k
Kabupaten Kuningan - sumber: Wikipedia

Wilayah Indonesia sangat luas yang terdiri dari beribu-ribu pulau. Di antara pulau tersebut, terselip beberapa kota dan kabupaten yang sangat berpotensi.

Kabupaten Karo

Merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara. Ibukota kabupaten ini berada di Kabanjahe. Dengan luas wilayah sebesar wilayah 2.127,25 km² memiliki jumlah penduduk sebanyak 415.878 jiwa.

Lokasi Kabupaten Karo berada di dataran tinggi karo yang merupakan bagian dari Bukit Barisan, Sumatera Utara. Memiliki tinggi wilayah antara 600 hingga 1.400 meter di atas permukaan laut. Sehingga mengakibatkan wilayah ini beriklim sejuk.

Rata-rata penduduk Kabupaten Karo memeluk agama Kristen. Terdiri atas 17 kecamatan, 10 kelurahan, dan 195 desa yang tersebar di seluruh wilayahnya. Memiliki kepadatan penduduk sejumlah 187 jiwa/km²

Simak Juga:  Kabupaten/Kota Berawalan Huruf O : Optimisme Masyarakat Indonesia

Kabupaten Kuningan

Merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Dilihat dari geografisnya, letak kabupaten ini berada di bagian timur Jawa Barat. Tepatnya menghubungkan kota Cirebon dengan Priangan Timur.

Permukaan tanah kabupaten ini kebanyakan berupa bukit yang memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini berpengaruh pada suhu udara dan cocok untuk aktivitas pertanian. Tak heran jika mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani.

Wilayah kabupaten Kuningan terdiri dari 32 kecamatan, 15 kelurahan dan 361 desa. Memiliki kepadatan penduduk dengan rata-rata 1.020 jiwa/km². Mayoritas penduduk disana memeluk agama Islam.

Kota Kupang

Merupakan kotamadya dan ibu kota provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Kotamadya ini terbesar dalam pulau Timor. Wilayah Kota Kupang terdiri dari daerah pantai, dataran rendah, dan perbukitan. Yang mana masyarakatnya sebagian besar bekerja sebagai petani dan nelayan.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf M: Menelusuri Indonesia

Masyarakat Kupang didominasi oleh pemeluk agama Kristen. Hampir 90 persen dari jumlah penduduk yang ada di sana. Kota Kupang sering mengalami krisis air karena wilayahnya kering. Kota ini terdiri dari 6 kecamatan dan 51 kelurahan.

Kota Kupang memiliki perangkat daerah yang bermacam-macam. Terdiri dari 18 dinas, 8 badan, 3 kantor dan 8 bagian. Masing-masing berperan dalam kemajuan Kota Kupang dalam mengelola pemerintahannya. Pemimpin dari kota ini adalah seorang wali kota yang bertugas pada kegiatan pemerintahan dengan bantuan wakil wali kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here