Home Data & Statistik Kota Berawalan Huruf M: Menelusuri Indonesia

Kota Berawalan Huruf M: Menelusuri Indonesia

521
0
SHARE
kota berawalan huruf m
Balai Kota Makassar - sumber: Wikipedia

Profil Kabupaten Merangin

Kabupaten ini terletak di provinsi Jambi, yang berada di pulau Sumatera. Pada awalnya kabupaten ini merupakan pemekaran dari kabupaten Sarolangun dan Bangko. Bangko sendiri sekarang menjadi kabupaten Merangin. Dengan luas wilayah sekitar 7.668,61 km2 , terdiri dari 24 kecamatan. Pembagian wilayah tersebut berdasarkan keputusan Sidang Komite Nasional .

Secara geografis kabupaten ini terletak di antara Kabupaten Bungo dan kabupaten Tebo di sebelah utara, dan kabupaten Sarolangun di sebelah Timur, sementara di sebelah selatan kabupaten Lebong, dan di sebelah barat kabupaten Kerinci. Di kabupaten Merangin terdapat banyak kawasan wisata alam, air terjun, juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Banyaknya kuliner ini membuat kabupaten tersebut layak untuk dijadikan destinasi wisata kuliner.

Simak Juga:  Daftar Kabupaten/Kota Berawalan Huruf H: Riwayat Daerah di Indonesia

Profil Minahasa Selatan

Berdasarkan Undang-Undang No. 10 tahun 2003, kabupaten Minahasa Selatan dibentuk. Kabupaten yang terletak di pulau Sulawesi ini, beribu kota Amurang yang diputuskan pada tanggal 4 Agustus 2003 oleh DPR RI. Kabupaten ini memiliki 17 kecamatan. Bahkan kabupaten ini mengalami pemekaran menjadi Kabupaten Minahasa Tenggara  yang diputuskan berdasarkan Undang-Undang Nomor 9  tahun 2007.

Secara geografis, kabupaten Minahasa selatan berbatasan dengan laut Sulawesi dan kabupaten Minahasa di sebelah utara, di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten bolaang Mongondow timur, serta kabupaten Minahasa Tenggara di sebelah Timur, di sebelah barat berbatasan dengan laut Sulawesi dan kabupaten Bolaang  Mongondow. Kabupaten ini telah mengalami pergantian bupati sebanyak 6x.

Simak Juga:  Kota Berawalan Huruf L: Ragam Wilayah Indonesia

Profil Kota Makasar

Kota yang berada di Sulawesi ini pada tahun 1999 dikenal sebagai Ujung Pandang. Kota Makassar merupakan ibu kotandari Sulawesi Selatan. Kota ini pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia dan merupakan kota metropolitan di kawasan Indonesia Timur, pasalnya kota ini banyak melahirkan pengusaha di Indonesia. Bahkan Bapenas mencatat kota ini merupakan salah satu kota pusat pertumbuhan di Indonesia.

Kota Makasar dikenal juga sebagai waterfront citykarena letaknya yang berada di sepanjang pantai barat hingga utara, selain itu di kota ini banyak terdapat aliran sungai seperti sungai Jeneberangng, sungai pampang dan sungai Tallo. Sungai-sungai tersebut bermuara di pusat kota. Kota ini pun berbatasan dengan kabupaten Maros, kabupaten Gowa dan selat Makassar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here