Home Info Agribisnis Perhutani Sediakan Lahan Seluas 10.761 Ha

Perhutani Sediakan Lahan Seluas 10.761 Ha

104
0
SHARE

Program baru dari Perhutani yakni perhutanan sosial akan digarap serius, terbukti pihak dari perum Perhutani sudah menyiapkan lahan seluas 10,761 Ha.

Langkah tersebut sesuai keterangan dari Denaldy Mauna selaku pimpnan dari Perum Perhutani pihaknya akan memberikan dukungan apapun yang akan dikerjakan pemerintah terkait perhutanan sosial.

Tidak hanya itu program dari Perum Perhutani salah satunya Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan serta izin Pemanfaatn Hutan Sosial.

Menurut direktur Perum Perhutani dengan adanya kebijakan pemerintah terkait produktifitas yang akan dipusatkan pada masyarakat pedesaan diwilayah hutan dengan menggunakan sistem agroforestry. Perusahaan milik negara tersebut akan menyediakan lahan seluas 10,761 Ha khusus untuk wilayah Jawa Barat.

Sistem yang akan diterapkan dalam program tersebut menggunakan sistem tumpang sari seperti tanaman kayu dengan tanaman yang hanya semusim saja namun mampu tumbuh secara bersamaan, langkah tersebut untuk meningkatkan hasil produksi dari lahan yang sudah ada dan akan lebih maksimal.

Langkah yang dilakukan dari Perum Perhutani tidak hanya menambah luas lahan, akan tetapi juga memberikan bantuan berupa bibit tanaman buah sebanyak 5.500 bibit dan 3.500 bibit berupa produktif dukungan dari pihak Kementrian LHK untuk memperlancar program Perhutanan Sosial.

Program ini juga sudah mendapatkan perestujuan dari Presiden Joko Widodo dengan penyerahan SK untuk Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan serta perizinan pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial khusus untuk hutan yang dikelola pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here