Home Info Agribisnis Perkebunan Suka Menanam Tanaman? Berikut Tips Hidroponik Untuk Pemula

Suka Menanam Tanaman? Berikut Tips Hidroponik Untuk Pemula

45
0
SHARE
tips hidroponik untuk pemula
Sumber Gambar:

Memang betul jika pandemi covid-19 membuat para ibu rumah tangga memiliki hobi baru di rumah. Ya apalagi kalau bukan menanam tanaman, entah itu sayur, buah, bunga, dsb. Karenanya, kami akan mengulas seputar tips hidroponik untuk pemula dibawah ini.

Karena semua orang belum tentu punya pekarangan yang luas, maka pilihan satu-satunya adalah dengan cara hidroponik. Tak perlu khawatir karena bertanam hidroponik hanya membutuhkan air sebagai media pengganti tanah. Nah bagaimana caranya?

5 Tips Hidroponik Untuk Pemula

  • Pilih Tanaman yang Akan Diternak

Jika Anda seorang pemula, sebaiknya pilih tanaman kecil yang memudahkan proses perawatan. Anda bisa memilih tanaman jenis sayur atau buah seperti timun, bawang, tomat, bayam, kale dan sebagainya.

  • Buat Rencana
Simak Juga:  Cara Menanam Kangkung dan Bayam Menggunakan Hidroponik

Jangan lupa siapkan rencana untuk menutrisi, penyinaran dan perawatan dalam proses hidroponik sederhana di rumah. Masukkan dalam list apa saja yang dibutuhkan, sehingga proses penanaman berjalan dengan lancar.

  • Pilih Nutrisi

Sebelum mulai menanam, ketahui secara detail nutrisi apa saja yang dibutuhkan tanaman hidroponik tersebut. Sebaiknya beli peralatan yang tepat untuk mengukur tingkat kebutuhan nutrisi, yang pastinya berbeda-beda.

  • Periksa Kesehatan Akar Secara Berkala

Ya, akar menjadi poin penting dalam proses hidroponik. Karenanya, pastikan kesehatan akar secara berkala. Jangan sampai akar yang rusak akan menolak nutrisi yang masuk.

Selain itu, kurangi jumlah cahaya dari larutan nutrisi tersebut, untuk menghindari munculnya jamur dan alga yang merusak akar.

  • Cahaya Yang Memadai
Simak Juga:  Mau Bisnis Tanaman Hias untuk Rumah? Simak Tips Ini Dulu Ya

Karena hidroponik adalah tanaman di dalam ruangan, maka pengaturan cahaya sangatlah penting. Selain itu, atur pula penerangan yang memadai agar proses pertumbuhan berjalan dengan lancar.

Adapun poin penting yang harus diingat adalah menumbuhkannya dalam suhu yang tepat. Dimana jika suhu naik di atas 85 derajat, maka tanaman akan berhenti tumbuh. Karenanya penting untuk memastikan apakah suhu tersebut sudah sesuai atau sebaliknya.

Ya, itulah beberapa tips hidroponik untuk pemula yang harus diperhatikan. Dengan langkah yang tepat, maka proses penanaman pun akan berjalan sesuai harapan. Sekian, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here