Home Bisnis & Wirausaha Trik Meningkatan Pertumbuhan Ikan Koi

Trik Meningkatan Pertumbuhan Ikan Koi

1344
0
SHARE
Pertumbuhan Ikan Koi
Cara menumbuhkan ukuran ikan koi secara cepat

Bagi anda yang hobi dengan ternak ikan koi pasti menginginkan pertumbuhan yang cepat untuk koi anda, jenis ikan koi seperti Ikan Koi Kohaku, Ikan Koi Sanke Taisho, Ikan Koi Showa Sanshoku, Ikan Koi Tancho dan berbagai jenis Koi lainnya memerlukan pemeliharaan yang mirip.

Anda dapat mendorong pertumbuhan koi yang cepat dengan menyediakan habitat hangat dan makanan berkualitas tinggi. Tapi terlepas dari perawatan yang Anda berikan, sifat genetik atau keturunan mereka dapat membatasi tingkat pertumbuhan dan ukurannya. Sementara mereka terus tumbuh untuk sebagian besar hidup mereka, sebagian besar pertumbuhan mereka terjadi saat mereka masih muda.

Pakan Ikan Koi

Untuk memaksimalkan tingkat pertumbuhan koi Anda dan memastikan mereka berada dalam kesehatan puncak, Anda harus memberi mereka makanan berkualitas tinggi. Sebagian besar makanan mereka harus datang dalam bentuk makanan serpihan komersial atau pelet, namun dilengkapi dengan sayuran, buah, udang dan cacing tubifex. Gunakan hanya makanan komersial yang kandungan proteinnya kurang dari 30 persen. Koi tidak bisa menyimpan lemak, jadi overfeeding tidak akan mempercepat pertumbuhannya (itu hanya akan merusak tangki). Idealnya, Anda harus memberi makan koi beberapa makanan kecil setiap hari. Selama suhu dingin, selera makan mereka akan berkurang, jadi kurangi makanan dari biasanya. Bila suhu air dingin seperti di bawah 4,4 derajat celcius maka berhenti makan sama sekali.

Simak Juga:  Pastikan 5 Hal Ini Jika Ingin Bisnis Startup Anda Sukses

Kolam atau Akuarium yang besar

Kolam besar cenderung menghasilkan ikan yang lebih besar, jadi beri koi Anda banyak ruang untuk bergerak. Lingkungan luas mendorong olahraga dan perilaku mencari makan alami, yang akan membantu mempercepat pertumbuhan koi Anda. Selain itu, jaga kerapatan ikan serendah mungkin – sediakan setidaknya 250 galon air untuk masing-masing ikan. Sangat penting untuk menyediakan habitat yang besar sementara koi berusia kurang dari 3 tahun dan tumbuh dengan kecepatan paling cepat. Air harus dijaga sangat bersih untuk mendorong pertumbuhan yang cepat, jadi investasikan ke unit filtrasi berkualitas tinggi.

Suhu yang lebih hangat

Jaga agar koi tetap hangat untuk mencapai tingkat pertumbuhan terbaik. Sementara koi beradaptasi dengan baik untuk mendinginkan suhu air, suhu dingin mengurangi tingkat metabolisme mereka, yang mengurangi tingkat pertumbuhannya. Untuk pertumbuhan optimal, jaga agar air di kolam koi Anda antara 25 dan 26 derajat celcius. Koi tahun pertama akan tumbuh lebih baik di tangki yang dipanaskan atau kolam yang dipanaskan. Setelah itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan panas tambahan untuk kolam dan akuarium jika suhu di bawah 32 derajat bertahan selama lebih dari tiga bulan di tempat Anda tinggal. Air panas akan menjaga metabolisme mereka beroperasi dengan cepat dan meningkatkan selera makan.

Simak Juga:  Tips Jalankan Bisnis Mobil Bekas Agar Laku Di Pasaran

Genetik Ikan Koi

Sayangnya, meski Anda memberi mereka kolam ikan yang sempurna, beberapa ikan koi tidak akan mencapai ukuran yang besar. Sementara kesehatan koi Anda berperan dalam menentukan tingkat pertumbuhan dan ukuran akhir, susunan genetik mereka kemungkinan merupakan faktor tunggal yang paling penting. Sementara sebagian besar koi akhirnya mencapai 20 inci panjangnya, hanya yang berasal dari garis besar spesimen yang cenderung melebihi 30 inci. Spesimen warna tunggal sering mencapai ukuran lebih besar dari spesimen multicolor.

Meningkatkan pertumbuhan ikan koi memang mudah tetapi terkadang memerlukan perlakukan yang intensif mulai dari menjaga kesehatan sampai dengan memastikan suhu air dalam kolam tetap terjaga, ternak ikan koi di indonesia sendiri memang mengalami pasang surut sesuai dengan musimnya, tetapi permintaan terhadap ikan koi yang bermutu selalu mempunyai minat yang cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here