Di Ternate Harga Biji Pala Masih di Bawah Normal

Di Ternate Harga Biji Pala Masih di Bawah Normal

417
0
SHARE

Pada pekan ini beberapa harga komoditas kebun mengalami kenaikan. Begitu juga di Ternate, Maluku Utara. Harga biji pala di Ternate cenderung mengalami kenaikan. Sementara itu beberapa harga komoditas pangan diwilayah tersebut masih cenderung normal. Menurut sala seorang pengusaha di Ternate menyebutkan bahwa, harga biji pala pada pekan sebelumnya menyentuh harga Rp 50.000 Perkg. namun pada pekan ini harga biji pala naik Rp 5000 dan menjadi Rp 55.000 perkg, sementara itu harga fuli pala masih tetap sama yaitu Rp 120.000 perkg.

Beberapa harga komoditas kebun masih tetap bertahan seperti cengkeh yang masih berada pada harga Rp 85.000 perkg, Kopras Rp 8500 perkg, dan kakao Rp 33.000 perkg. namun juga pembelian dalam jumlah besar harga cenderung sedikit lebih tinggi, seperti Kopra bisa menjadi Rp 8600 perkg.

Simak Juga:  Malaysia Rebut Pasar Ekspor Sawit Indonesia

Harga komoditas kebun di Wilayah Ternate masih berada dibawah harga normal, sebab harga pembelian di daerah antar pulau seperti Sulawesi selatan, Jawa Timur dan Sulawesi Utara masih belum mengalami kenaikan.

Di Ternate harga biji pala normal nya Rp 80.000 perkg, fuli pala Rp 150.000 perkg, dan cengkeh Rp 120.000 perkg. namun harga tersebut itu selama setahun terakhir belum terlihat karena terbawa dampak melemahnya beberapa harga komoditas hasil bumi di pasar ekspor. ditambah dengan para petani di ternate yang masih menahan komoditas, sebab petani meyakini bahwa harga bisa kembali naik terutama menjelang akhir tahun.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY