Home Info Agribisnis Perkebunan Isi Waktu Luang Puasa Dengan Menanam Buah Naga Dalam Pot

Isi Waktu Luang Puasa Dengan Menanam Buah Naga Dalam Pot

263
0
SHARE

Buah naga? Mungkin sebagian masyarakat sudah ada yang mengenal buah naga. Ya, buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah naga biasa di konsumsi dengan cara di jus atau dimakan langsung. Namun terkadang buah ini juga sering digunakan untuk campuran sop buah di bulan puasa. Memang nikmat menikmati segarnya buah ini ketika berpuasa.

Jika anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mencoba menanam buah naga halaman rumah. Tidak perlu memiliki lahan yang luas, buah naga bisa ditanam didalam pot. Jadi anda bisa menikmati hasil panen buah naga dengan gratis. selain itu, tanaman buah naga ini juga bisa sebagai hiasan dirumah anda. Dan berikut adalah langkah langkah menanam buah naga didalam pot

Budidaya Buah Naga Didalam Pot

  • Mempersiapkan Pot
    Untuk menanam buah naga didalam pot, anda perlu mempersiapkan pot terlebih dahulu. Pot yang digunakan bisa pot apa saja baik yang berbahan semen, plastik, tanah liat atau bahkan drum bekas yang dipotong. Namun yang terbaik, anda bisa menggunakan pot berbahan dasar tanah liat sebab buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastic dari siang ke malam didalam proses pembungaan. Ukuran yang digunakan semakin besar semakin baik, minimal pot dengan diameter 40cm.
  • Menyiapkan Tiang Panjatan
    Budidaya buah naga perlu menyiapkan tiang untuk panjatan sebagai penopang agar tidak roboh. tiang ini akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi sehingga perlu memiliki tiang yang kuat namun tidak merusak pot. Anda bisa menyiapkan tiang panjatan dari besi beton berdiameter 8-10cm, atau bisa juga dengan balok kayu yang kuat sebab usia buah naga bisa mencapai puluhan tahun. Dan Tinggi tiang antara 150-200 cm disesuaikan dengan besar pot.
  • Media Tanam
    Setelah mempersiapkan pot dan tiang panjatan. Anda perlu mempersiapkan media tanam untuk buah naga. Media tanam ini berupa pasir, tanag pupuk kandang dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Selain itu, anda juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolmit (Kapur Pertanian sekitar 100 gram lalu campur rata dengan bahan tersebut. lalu Kemudian media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.
  • Proses tanam
    Ada baiknya dalam pemilihan bibit, pilih bibit yang besar dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan bebas dari penyakit. Baiknya panjang bibit yang ditanam berukuran 30cm, Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10 cm. penanaman jangn terlalu dalam sebab bisa membuat pertumbuhan tidak bagus. Lalu media tanam siram dengan air dan simpan ditempat terbuka, ada baiknya simpan di tempat yang tidak terkena sengat matahari langsung.
  • Pemeliharaan Tanaman
    Proses pemeliharaan buah naga dalam pot hampir sama dengan buah naga yang ditanam di kebun. Prosesnya meliputi pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan. Dan yang terpenting adalah pastikan tanaman tetap menembpel dengan baik dan tiang panjatan tidak roboh. Ada baiknya lakukan pengikatan pada batang buah naga dengan tiang menggunakan tali atau kawat, namun jangan terlalu kencang.
Simak Juga:  Pabrik Sinar Mas Cepsa Senilai Rp 4,77 Triliun Mulai Produksi Alkohol Lemak Berbasis Nabati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here