Home Info Agribisnis Peternakan Keuntungan Budidaya Cacing Sutra

Keuntungan Budidaya Cacing Sutra

272
0
SHARE

Apakah anda berencana untuk membuka peluang usaha bisnis sampingan ?? jika iya, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis budidaya cacing sutra. Meskipun terlihat geli namun keuntungan dari bisnis ini cukup besar dan memiliki prospek cukup baik. Sesuai namanya, cacing sutra merupakan cacing jenis air tawar yang berwarna kemerahan. Cacing sutra menjadi pakan alami terbaik untukj ikan air tawar, sehingga para pelaku budidaya cacing sutra nantinya akan menjual cacing ke tempat peternakan ikan.

Cacing sutra nanti diberikan kepada bibit ikan air tawar sehingga menjadi sumber nutrisi yang baik dan kaya protein. Sehingga peluang bisnis budidaya cacing sutra ini sangatlah menggiurkan. Lalu apa saja keuntungan budidaya cacing sutra ?

Keuntungan Bisnis Cacing Sutra

Permintaan Tinggi

Sebelum memulai bisnis tentu kita harus menganalisa pasar dulu. Nah untuk cacing sutra sendiri memiliki pangsa pasar yang besar. Sebab kebutuhan pakan untuk ternak juga besar. Dalam sehari peternak ikan air tawar bisa membutuhkan cacing cukup besar.

Modal Usaha yang Minim

Dalam menjalankan bisnis tentu membutuhkan modal. Untuk cacing sutra sendiri tidak memerlukan modal yang besar. Para pelaku budidaya ini juga banyak yang berhemat dengan melakukan budidaya di kolam terpal ataupun plastik. Tentu ini bisa menghemat budget.

Budidaya yang Mudah

jika anda sudah mempersiapkan lahan dan juga alat-alatnya. Anda bisa memasukan air dan lumpur kedalam kolam terpal beserta bibit cacing sutera. Pemberian pakan tidak mesti setiap hari bisa dua sampai tiga hari sekali dan tidak memerlukan air yang khusus.

Waktu panen yang cepat

Panen budidaya cacing sutra tidak lama asalkan tetap melakukan perawatan kolam dan pemberian pakan yang tepat. Sehingga dalam waktu 50 – 60 hari sudah bisa dipanen. Jika panen pertama berhasil, jika ternakan pertama sukses maka selang 10 hari setelah panen Anda sudah bisa kembali panen lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here