Home Info Agribisnis Perikanan Pemberian Kapal Bantuan di Undur KKP

Pemberian Kapal Bantuan di Undur KKP

661
0
SHARE

Kementerian Kelatuan dan Perikanan (KKP) mengundur pembagian kapal bantuan untuk para nelayan. Hal ini disambut sedih oleh para nelayan. Sebab nelayan harus menunda untuk mendapatkan kapal tangkap gratis pada bulan ini. sebelumnya KKP sudah menyusun rencana untuk membagikan keseluruhan kapal bantuan nelayan pada Akhir November 2016.

KKP menjelaskan sampai saat ini baru ada ratusan kapal yang sudah siap di distribusikan kepada nelayan , namun sebagian kapal masih banyak yang harus dilengkapi seperti alat tangkap, dokumen dll. Total kapal bantuan nelayan mencapai 1.719 pada tahun ini, namun untuk alat tangkap Pihak KKP mengklaim sudah seluruhnya siap untuk disarulkan.

KKP berencana akan mendistribusikan 4000 unit alat tangkap di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah yang masih mengandalkan alat tangkap ikan centrang. Nantinya pendistribusian ini akan dilakukan secara serentak dan dilakukan akhir tahun ini.

Kapal kapal bantuan nelayan akan di distribusikan melalui koperasi, hal ini agar kapal kapal diberikan tepat sasaran dan bertanggung jawab. Sampai saat ini KKP sudah merampungkan tahap Verifikasi koperasi Dari hasil verifikasi, ada 170 unit koperasi yang siap menerima bantuan tersebut.

Pada awal 2017, KKP siap menyalurkan bantuan untuk nelayan seperti 3.445 kapal tangkap  berukuran 3 Gross Ton (GT) hingga 30 GT. Anggaran bantuan itu Rp 2,1 triliun. Namun saat proyek ini berjalan terdapat kendala sehingga jumlah kapal menjadi 1.719 unit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here