Home Info Agribisnis Perikanan Provinsi Jambi bisa Jadi Lumbung Patin Nasional

Provinsi Jambi bisa Jadi Lumbung Patin Nasional

101
0
SHARE

Provinsi Jambi mempunyai potensi yang besar untuk dijadikan sebagai sentra budidaya patin nasional. Dengan potensi pengembangan budidaya ikan air tawar yang besar, Jambi suatu saat nanti bukan tidak mungkin bisa menjadi lumbung ikan nasional lebih utamanya komoditas ikan patin.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sangat konsisten dalam meningkatkan produksi perikanan budidaya dalam negeri. Salah satu dukungan KKP untuk industri ini adalah dengan menyuplai kebutuhan pangan nasional. Dukungan KKP ini sudah memberikan dampak positif untuk pengembangan usaha budidaya ikan untuk memperkuat ketahanan pangan nasinal.

Terkait pemsaran ikan patin, nantinya harus dilakukan tata niaga dengan memutus rantai distribusi pasar. Sebab saat ini pendistribusian relatif lama karena banyak rantai distribusinya. Oleh sebab itu, memang ada baiknya pemerintah daerah turun tangan untuk memberikan fasilitas seperti kelembagaan koperasi di sentral produksi patin sehingga nantinya bisa terjalin kemitraan dengan industri atau pasar modern

Untuk memenihi kebutuhan ikan dalam negeri khususnya untuk konsumsi, KKP terus mendorong pengembangan usaha budidaya melalui cluster kawasan berbasis komoditas unggulan daerah. Cara ini cukup ampuh untuk mempercepat pengembangan kawasan. Sebab pada prinsipnya setiap komoditas yang dikembangkan memiliki karakteristik yang khas sesuai kondisi lokasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here