Home Info Agribisnis Perkebunan Cara Menanam Tanaman Calathea Dengan Baik

Cara Menanam Tanaman Calathea Dengan Baik

93
SHARE

Calathea adalah tanaman hias yang populer karena daunnya yang indah dan unik. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan sering ditemukan di hutan tropis. Bagi para pecinta tanaman hias, menanam Calathea bisa menjadi tantangan tersendiri karena tanaman ini membutuhkan perawatan khusus.

Cara Menanam Calathea

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara menanam tanaman Calathea dengan baik yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  1. Pilih tanah yang cocok

Calathea membutuhkan tanah yang cukup lembab dan memiliki pH netral atau sedikit asam. Anda bisa mencampurkan tanah humus dengan pasir atau serbuk kayu untuk membuat campuran tanah yang baik untuk Calathea.

  1. Pilih tempat yang tepat

Calathea sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh, namun tetap terkena sinar matahari pagi. Tanaman ini sangat sensitif terhadap sinar matahari langsung dan dapat merusak daunnya.

  1. Perhatikan kelembapan udara
Simak Juga:  Daun Cincau, Minuman Menyegarkan dan Banyak Manfaatnya

Calathea membutuhkan kelembapan udara yang cukup tinggi untuk tumbuh dengan baik. Jika udara terlalu kering, daun Calathea dapat mengering dan rusak. Anda bisa meletakkan tanaman ini di dekat penghumidifier atau meletakkan wadah air di sekitarnya untuk menjaga kelembapan udara.

  1. Perhatikan pengairan

Calathea membutuhkan pengairan yang cukup, namun jangan terlalu sering dan tidak terlalu banyak. Sebaiknya, tanah disiram setiap 2-3 hari sekali atau ketika tanah sudah mulai kering.

  1. Pupuk secara teratur

Calathea membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dengan baik. Anda bisa memberikan pupuk sekali dalam sebulan untuk membantu tanaman tumbuh subur.

  1. Perhatikan kondisi daun

Calathea sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembapan. Jika daun Calathea terlihat layu atau rusak, itu bisa menjadi tanda bahwa tanaman tersebut tidak cocok di tempatnya dan membutuhkan perubahan dalam perawatannya.

  1. Lakukan pemangkasan
Simak Juga:  Mengenal Daerah Pasangkayu, Terkenal Sektor Kelapa Sawit

Calathea dapat tumbuh cukup besar, sehingga perlu dipangkas secara teratur untuk menjaga bentuk dan ukuran tanaman. Pemangkasan juga membantu tanaman tetap sehat dan mencegah tumbuhnya daun yang rusak.

Dalam menanam Calathea, perlu diingat bahwa tanaman ini membutuhkan perawatan khusus. Namun, dengan memperhatikan kelembapan udara, pengairan, dan pupuk secara teratur, serta menempatkannya di tempat yang tepat, Anda dapat menumbuhkan tanaman Calathea yang indah dan sehat. Lakukan pemangkasan secara teratur untuk menjaga bentuk dan ukuran tanaman. Dengan sedikit perhatian dan perawatan, Calathea akan menjadi tanaman hias yang menarik dan mempercantik rumah Anda.