Home Info Agribisnis Mengenal Agrikultur dan 5 Sektornya

Mengenal Agrikultur dan 5 Sektornya

101
SHARE
ide bisnis pertanian di masa depan

Apa yang kalian pikirkan ketika pertama kali mendengar kata agrikultur? Sebuah kata yang cukup asing di tengah masyarakat tersebut, ternyata memiliki peran yang sangat baik untuk membantu kehidupan sehari-hari. untuk itu, mari mengenal Agrikultur lebih mendalam.

Agrikultur adalah suatu upaya yang dilakukan untuk memproduksi atau membuat pangan, serat dan hasil lainnya dalam sektor pertanian yang didalamnya memerlukan tenaga manusia dan di dalamnya pun termasuk berbagai jenis tanaman tertentu serta pertambahan pada berbagai hewan lokal.

Dalam pengertiannya, terdapat beberapa ahli juga mengungkapkan pengertian agrikultur sebagai sebuah cabang ilmu biologi untuk mampu menggunakan sumber daya hayati secara maksimal dan juga optimal. Untuk lebih lengkapnya, berikut pendapat beberapa ahli terkait pengertian agrikultur:

  1. Van Aaresten

Pengertian agrikultur adalah salah satu kegiatan manusia untuk mampu menghasilkan sesuatu dari berbagai jenis tumbuhan dan juga hewan peternakan.

  1. Mosher
Simak Juga:  Sekolah Agribisnis Terbaik di Indonesia

Pengertian agrikultur adalah suatu upaya dalam memproduksi secara khas dalam hal memproses pengolahan tumbuhan dan juga hewan ternak.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian agrikultur adalah sebuah ilmu atau praktik didalam lingkup pertanian yang mampu menghasilkan bahan makanan.

Beberapa Sektor Agrikultur

Pada penerapannya, agrikultur mencakup 5 sektor penting, diantaranya adalah ;

  1. Tanaman Pangan

Praktik agrikultur pada sektor ini berfokus terhadap tanaman padi, ubi, jagung, sayuran, buah buahan dan lainnya.

  1. Perkebunan

informasi area perkebunan indonesia

Perkebunan dalam sektor agrikultur menjadi salah satu sektor yang terus mengalami pertumbuhan secara konsisten. Di Indonesia sendiri, sektor perkebunan berkontribusi untuk menghasilkan komoditi ekspor seperti kelapa sawit, coklat, karet, teh, dan juga kelapa.

  1. Kehutanan
Simak Juga:  Sekolah Agribisnis Terbaik di Indonesia

Sudah sangat tidak asing lagi bahwa pada sektor kehutanan merupakan penghasil kayu yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. Namun demikian, produk kayu harus dikendalikan agar tidak terjadi kegundulan hutan.

  1. Peternakan

Pada sektor ini, merupakan salah satu sektor yang diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia, sehingga sangat mudah kita menemukan peternakan besar seperti peternakan kuda, sapi serta kerbau, dan juga peternakan kecil seperti peternakan ayam, burung, dan bebek.

  1. Perikanan

Dengan kondisi negara yang termasuk kedalam negara maritim, sektor agrikultur yang memiliki peranan penting dalam struktur sosial dan ekonomi di Indonesia adalah perikanan

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan juga pembagian sektor agrikultur, diharapkan mampu memberikan gambaran dan wawasan mengenai peranan agrikultur dalam kehidupan sehari-hari.