Home Bisnis & Wirausaha Persiapan Penting Sebelum Bisnis Ternak Domba Garut

Persiapan Penting Sebelum Bisnis Ternak Domba Garut

16
SHARE
informasi agribisnis terkini

Domba merupakan salah satu hewan yang tidak asing di mata masyarakat Indonesia. banyaknya makanan yang menggunakan daging domba, serta pengurbanan yang dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia setiap hari Raya Idul Adha, membuat keberadaan domba sangat dekat dengan kehidupan masyarakat.

Dalam segi jenis usaha, Bisnis ternak domba merupakan salah satu jenis usaha yang memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Hal iniĀ  dikarenakan domba memiliki kesamaan terhadap kambing, dimana mulai dari bulu, susu, hingga dagingnya dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga keuntungan yang didapatkan juga dapat secara maksimal.

Tidak berhenti sampai disitu, hal lain yang dapat dimanfaatkan dari domba adalah kotorannya. Setelah membahas bagaimana daging, bulu, dan susu, kini kotoran domba juga menjadi poin penting dalam pembahasan pemanfaatan domba.

Kotoran domba merupakan salah satu unsur yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang, sehingga dapat menghasilkan keuntungan lainnya.

Simak Juga:  Cara Berbisnis Franchise POM Bensin Pertamina dengan Mudah

Salah satu jenis domba yang saat ini banyak diminati di Indonesia adalah domba garut. Maraknya bisnis penjualan domba garut di pasaran membuat bisnis budidaya hewan yang satu ini mulai dilirik oleh banyak masyarakat.

Bagaimana tidak, banyak peternak yang berani melepas satu domba berukuran proporsional dengan harga puluhan juta rupiah.

Persiapan Bisnis Domba Garut

Apabila anda tertarik, simak beberapa langkah yang harus dilakukan untuk bisnis ternak domba garut di bawah ini.

  1. Menyiapkan kandang

Kenyamanan serta kebersihan dari kandang domba garut menjadi satu dari beberapa faktor dari keberhasilan dalam budidaya ternak domba garut. Untuk ukuran kandang sendiri, terbagi menjadi dua tipe yaitu kandang tunggal yang hanya cukup 1 domba garut, serta kandang koloni yang berukuran 1 x 3 meter dan dapat menampung 5 hingga 10 ekor domba garut yang telah dilengkapi dengan palung (tempat makan) dan minum

  1. Memilih indukan berkualitas
Simak Juga:  Ekspor Import Saat Pandemi Apakah Menguntungkan?

Dalam setiap kegiatan budidaya, mengetahui ciri indukan yang berkualitasĀ  adalah hal yang sangat penting, hal ini dikarenakan akan sangat berpengaruh dengan hasil domba garut.

  1. Mengawinkan induk domba jantan

Tahap berikutnya yang tidak kalah penting dalam budidaya ternak domba garut adalah mengawinkan si jantan dengan 5 hingga 10 betina yang sudah siap kawin.

  1. Pemberian Pakan

Pemberian pakan yang bergiziĀ  menjadi penentu dalam menentukan suksesnya budidaya ternak domba garut. Berikan pakan seperti domba garut dengan makanan yang cocok seperti daun lamtoro, rumput gajah, daun pisang, bekatul, ampas tahu, serta daun jagung.

Demikian pembahasan terkait cara memulai bisnis domba garut, diharapkan mampu memberikan arahan serta gambaran terkait apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebelum terjun dalam dunia bisnis peternakan domba garut.