Home Info Agribisnis Peternakan Mengenal Budidaya kelinci

Mengenal Budidaya kelinci

43
SHARE
informasi ternak kelinci hari ini

Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, ide bisnis rumahan yang sederhana dan beda dari yang lain, adalah hal yang sangat diperlukan untuk dapat kembali menggerakan roda perekonomian keluarga dan masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Salah satu ide bisnis rumahan yang cocok untuk pemula dan bisa kita coba tersebut adalah budidaya kelinci.  Kelinci merupakan salah satu hewan yang jarang untuk dilirik oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini terlihat dari minimnya peternak kelinci lokal di Indonesia.

Padahal, Budidaya kelinci baik pedaging maupun kelinci hias, memiliki potensi yang besar dan memiliki banyak peminatnya. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Kompas Tv kepada salah satu peternak kelinci di daerah palembang, beliau menyebutkan bahwa ternak kelinci merupakan ternak yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan di masa pandemi seperti saat ini. Permintaan kelinci di Palembang memiliki peningkatan hingga mencapai 100 ribu per ekor dalam kurun waktu satu minggu.

Simak Juga:  Ternak Lele Apakah Masih Menjanjikan

Salah satu hal yang membuat kelinci menjadi salah satu jenis Ide usaha dengan modal kecil yang cukup menjanjikan adalah, karena Kelinci merupakan ternak yang tumbuh dan bereproduksi dengan cepat (bersifat prolific) selain itu, keindahan dan olahan daging kelinci yang juga banyak diminati oleh semua orang. Bagaimana? Sudah tertarik untuk mencoba untuk melakukan budidaya kelinci?

Mengenal Cara Budidaya Kelinci

Berikut ini adalah cara budidaya kelinci untuk pebisnis pemula yang mudah dan dapat anda lakukan sendiri dirumah :

  1. Persiapkan sarana dan prasarana seperti kandang yang memiliki suhu ideal (21 Derajat Celcius)
  2. Memilih bibit kelinci yang berkualitas untuk dilakukan pembibitan
  3. Melakukan pengawasan dan pemeliharaan, diantaranya adalah: 
    • Sanitasi = usahakan selalu kering, agar tidak menjadi sarang penyakit
    • Pemberian makanan = seperti, rumput gajah, rumput lapangan, kol, kangkung, biji-bijian dll
    • Mengenal hama dan penyakit pada hewan ternak dan cara penanganannya.
Simak Juga:  Komoditas Ternak Paling Untung Tahun 2022

Dengan menerapkan beberapa hal diatas, diharapkan mampu memberikan gambaran umum da memberkan ide terkait usaha dibidang budidaya kelinci, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.