Home Bisnis & Wirausaha Cara Mudah Budidaya Sayuran Lobak

Cara Mudah Budidaya Sayuran Lobak

1488
0
SHARE

Sayuran lobak merupakan jenis sayuran yang cukup di gemari di indonesia. Karena lobak termasuk jenis sayuran yang menyehatkan. Sama seperti jenis sayuran lain, pada umumnya sayuran memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Termasuk sayuran lobak. Sayuran lobak bisa digunakan sebagai obat bagi orang yang mengalami gangguan pada ginjal dam juga yang sedang demam. Oleh sebab itu sayuran loba bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. karena potensi keuntungan sangat besar dan juga sayuran lobak sangat di minati di masyarakat. Berikut kami akan berikan tips membudidaya lobak

Cara budidaya Sayuran Lobak

  • Penyiapan Bibit Dan Tanah

Budidaya lobak bisa dimulai sari biji lobaknya, dan tanah yang diperlukan dalam membudidayakan lobak adalah tanah yang tanah yang gembur dan tidak berkerikil pada permukaan atasnya akan lebih bagus lagi bila tanahnya memiliki humus atau subur. Bibit lobak bisa di dapatkan dari bijinya. Karena lobak jenis tanaman yang menghasilkan biji. Dalam poses penanaman sangat mudah. Kita hanya menanam langsung bibit lobak tanpa ada proses penyamaian sebelumnya. Dan dalam penanaman lobak biasanya 1 ha membutuhkan 5 kg bibit lobak.

  • Proses Penanaman Sayuran Lobak

Penanaman biji lobak dilakukan dengan menaburkan biji secara tipis dan secara merata sepanjang alur yang telah dibuat sebelumnya. Setelah empat hari, biji-biji akan tumbuh. Memasuki umur 2 hingga 3 minggu, tanaman sudah siap disiangi dan mulai dibuat guludan di sepanjang barisan tanaman. Setelah itu juga sudah bisa untuk diberikan pupuk. Hal tersebut dilakukan agar sayuran lobak bisa tumbuh subur.

  • Cara Mengelola Lahan Lobak.

Jika bibit lobak sudah di tanam. Dalam proses mengolah tanahnya bisa menggunakan cangkul dan alat pertanian lainnya. Jika pengolahan lahan sudah dilakukan langkah selanjutnya adalah memberikan pupuk kandang. Jangan lupa atur jarak tanam dengan perhitungan 10 x 20 cm dengan alur dengan jarak 30 cm antara alur satu dan yang lain.

  • Membasmi Hama Pada Lobak

Budidaya lobak bisa mengalami gangguan dari gulma atau tanaman pengganggu, hama bisa menghambat pertumbuhan tanaman lobak tersebut dan untuk mengusir kutu daun bisa menggunakan insektisida seperti EC sebanyak 2,5% dapat ampuh menghilangkan hama kutu ini. Hal ini perlu dilakukan agar bisa mendapatkan panen lobak dengan hasil yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here