Home Investasi Peluang Investasi Cara Kerja Investasi di Sekuritas

Cara Kerja Investasi di Sekuritas

27
SHARE
cara-kerja-di-investasi-di-sekuritas

Cara Kerja Investasi di Sekuritas – Investasi di sekuritas menjadi salah satu kegiatan yang cukup menjanjikan. Apalagi kegiatan ini berkaitan langsung dengan instrumen penting dalam melakukan investasi. Meski sebagian orang menganggap investasi sekuritas bisa dikatakan ada kaitannya dengan perusahaan sekuritas, tetapi jika dijabarkan mengenai kegiatannya, keduanya sangatlah berbeda artinya.

Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang bertugas sebagai perantara antara pihak investor dengan salah satu perusahaan yang menjalankan kegiatan saham (jual beli saham) di BEI (Bursa Efek Indonesia). Sedangkan sekuritas sendiri adalah bukti kepemilikan saham atau sering dikatakan sebagai surat utang sebuah perusahaan publik dalam menjalankan sebuah saham.

Cara Menjalankan Investasi Sekuritas

Apabila ingin menjalan investasi sekuritas, Anda memang harus memahami semua kegiatan apa saja yang ada didalamnya. Apalagi mengenai urutan tindakan yang harus dilakukan lebih dulu dalam menentukan produk investasi. Dan cara untuk menjalankannya antara lain:

  • Memilih Perusahaan
Simak Juga:  Mengenal Manfaat Investasi Emas

Anda harus bisa melakukan seleksi perusahaan sekuritas yang dirasa memenuhi syarat atau sudah berlabel kredibel dalam dunia investasi. Untuk memiliih, silahkan pastikan jika perusahan tersebut sudah terdaftar resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

  • Membuka Rekening

Cara berikutnya adalah membuka rekening. Pembuatan rekening baru ini memang diharuskan bagi nasabah yang ingin mudah dalam menjalankan jual beli sekaligus semua transaksi di bidang sekuritas.

  • Deposit Dana

Untuk memudahkan dalam bertransaksi, setiap nasabah memang harus melakukan deposit dana ke rekening yang sudah dibuat. Untuk besar kecilnya deposit memang harus bisa disesuaikan dengan target yang akan dicapai didalam transaksi nantinya.

  • Analisis Produk

Dalam menjalankan investasi sekuritas, nasabah harus lebih jeli dalam menentukan pembelian. Supaya tidak salah dalam melakukan investasi sekuritas, sebaiknya lakukan analisis produk lebih dulu. Dengan begitu potensi yang akan didapatkan kedepan semakin jelas tujuannya.

  • Mengatur Portofolio
Simak Juga:  Mengenal Manfaat Investasi Emas

Dan langkah terakhir saat akan melakukan investasi sekuritas adalah mengatur portofolio. Sebaiknya Anda segera melakukan diversifikasi untuk memudahkan dalam melakukan transaksi.

Nah, itulah urutan sekaligus cara kerja investasi di sekuritas. Dengan memahami semua urutannya maka Anda akan semakin mudah dalam memperhitungkan skala apa saja yang ingin dicapai untuk hasil kedepannya.