Home Info Agribisnis Perikanan Memulai Bisnis Lobster, Apakah Menguntungkan?

Memulai Bisnis Lobster, Apakah Menguntungkan?

72
0
SHARE
keuntungan bisnis lobster
sumber gambar: dkpp.bulelengkab.go.id

Apakah Anda sedang memikirkan ide usaha yang menguntungkan? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk terjun ke bisnis lobster. Seperti kita tahu, lobster adalah salah satu komoditas konsumsi yang menjanjikan keuntungan besar.

Indonesia dengan iklimnya yang tropis patut bersyukur. Pasalnya, lobster sangat membutuhkan air yang cukup hangat untuk dibudidayakan. Dan ternyata, untuk memulai bisnis hewan air bercangkang ini pun tidak membutuhkan modal yang begitu besar.

Seluk Beluk Bisnis Lobster

Jika Anda ingin memulai usaha di bidang budidaya lobster, yang pertama disiapkan adalah tempatnya. Lahan pembiakkan bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan 3 kolam  sederhana dari terpal. 3 kolam tersebut disiapkan untuk menjadi tempat pemijahan, pengeraman, serta penetasan. Untuk instalasi kolam tersebut, dibutuhkan biaya sekitar Rp. 2 jutaan.

Simak Juga:  Tips Pintar Ternak Cupang Untung Besar

Kemudian, Anda bisa langsung memulai bisnis lobster, dengan membeli bibit indukan. Biasanya, indukan lobster dijual dengan sistem set dengan komposisi 4 lobster jantan dan 6 lobster betina. Biaya satu set indukan berkisar di angka Rp 300 ribuan.

Nah, indukan lobster tersebut tentunya membutuhkan pakan. Rata-rata, indukan membutuhkan pakan sebanyak 10kg per bulan dengan harga Rp. 15 ribuan. Siapkan pakan untuk kebutuhan 9 bulan. Berarti, untuk modal pakan awal sekitar Rp. 1.350.000.

Dari perhitungan di atas, bisa terlihat modal awalnya adalah sekitar Rp. 3.650.000 saja. Tentunya, ini di luar biaya tenaga jika Anda membayar orang untuk membantu proses budidaya.

Budidaya lobster diperkirakan menghasilkan 300 telur untuk setiap indukan betina. Berarti, akan ada total 1800 telur lobster. Umumnya, akan ada angka kematian benih lobster sekitar 10%. Sehingga, lobster yang bisa dijual sekitar 1620 lobster.

Simak Juga:  Inilah 5 Ikan Hias Paling Laris di Pasaran

Lobster dijual per kilo dengan harga sekitar Rp. 110 ribuan. Biasanya, 1kg lobster berjumlah 10 ekor. Berarti hitungan harga jual perkiraannya adalah 110.000 x 162kg yang hasilnya adalah Rp. 17.820.000

Dari perbandingan modal dan prospek keuntungannya saja, sudah dapat terlihat bahwa bisnis lobster menjanjikan keuntungan hampir 10 kali lipat.  Hanya dengan satu set indukan, Anda berpeluang mendapatkan keuntungan besar. Apalagi, satu kolam bisa diisi hingga 8 set induk lobster. Bayangkan betapa besar potensi keuntungannya, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here