Home Investasi Peluang Investasi Pilihan Investasi Saat Pandemi Budget <100 Juta

Pilihan Investasi Saat Pandemi Budget <100 Juta

35
0
SHARE
pilihan investasi saat pandemi
Sumber gambar: biz[dot]kompas[dot]com

Keadaan ekonomi yang semakin lesu akibat dampak pandemi Covid-19 berarti anda tidak dapat berinvestasi. Justru dengan adanya keadaan ini, dapat anda manfaatkan untuk memiliki instrumen yang tepat agar memperoleh penghasilan tambahan. Di era pandemi saat ini, berinvestasi di pasar modal dapat menjadi pilihan yang cukup bijaksana untuk persiapan mengenai rencana finansial di masa depan. Lalu apa saja pilihan investasi saat pandemi dengan budget <100 juta yang dapat anda jalankan?

Pilihan Investasi Saat Pandemi

Berikut ini pilihan investasi yang dapat anda jalankan pada masa pandemi, antara lain:

Reksa Dana

Salah satu jenis investasi terpercaya dan praktis. Dengan menanamkan aset pada produk reksa dana, maka anda tidak perlu memantau perkembangan aset secara terus-menerus. Pasalnya, jenis investasi ini terdapat manajer investasi yang akan membantu anda dalam mengalokasi dana investasi.

Simak Juga:  Indonesia-Kuba Rencanakan Kerja Sama di Bidang Pertanian

Kelebihan lain dari reksa dana adalah anda tidak perlu pusing untuk mikirin modal yang besar. Karena dengan berinvestasi pada instrumen ini, anda dapat memulai dengan <Rp.100 saja. Akan tetapi, perlu anda ketahui, return of investment dari reksa dana tidak sebesar investasi lainnya.

Obligasi Pemerintah

Investasi ini terdiri dari empat jenis yang antara lain Sukuk Ritel, Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Tabungan, serta Saving Bond Ritel (SBR). Pembelian obligasi pemerintah dapat anda mulai dari nominal 1 juta hingga kelipatannya. Mengenai keamanan dari investasi ini tidak perlu anda ragukan lagi.

Karena keamanannya sudah dijamin langsung oleh pemerintah. Tak hanya memperoleh keuntungan secara materi. Dengan memanfaatkan obligasi pemerintah, maka anda dapat turut membantu pemerintah dalam pembiayaan serta memberi subsidi bunga kepada UMKM yang terdampak Covid-19.

Simak Juga:  Kelebihan Bisnis E-commerce Daripada Bisnis Lainnya

Emas atau Logam Mulia

Meskipun dapat dikatakan emas merupakan investasi yang konvensional. Akan tetapi, imbal baliknya cukup memuaskan hingga saat ini. Terutama pada masa pandemi saat ini, emas menjadi instrumen investasi yang menjanjikan dengan resiko sangat kecil serta memiliki sifat liquid.

Berinvestasi emas sebagai salah satu pilihan investasi saat pandemi dengan budget <100 juta, maka anda juga perlu memperhatikan harga buyback atau harga jual serta jangka investasi sebelum membeli emas. Hal ini berlaku karena emas merupakan jenis investasi jangka panjang. Emas untuk berinvestasi biasanya berbentuk lempengan atau batangan serta bersertifkat. Bukan dalam bentuk perhiasan pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here