Tips Bisnis – Langkah Memulai Bisnis UKM

Tips Bisnis – Langkah Memulai Bisnis UKM

332
0
SHARE

Saat ini banyak yang beranggapan bahwa terjun dalam dunia bisnis tanpa pengalaman merupakan sesuatu yang sangat menakutkan. Namun hal tersebut bukanlah momok yang perlu ditakuti, sebab keberhasilan seorang pengusaha tidak bisa di ukur dari pengalamannya saja namun juga dari mereka yang termotivasi, bersemangat dan bekerja keras. Dalam sebuah bisnis, pengalaman bukan jadi jaminan, namun yang terpenting adalah motivasi, kerja keras dan sikap pantang menyerah.

Tips Memulai Bisnis Baru

  • Perencanaan Bisnis Yang Matang

Merencanakan bisnis dengan matang sangat penting. Rencana bisnis menjadi penentu kelanjutan bisnis anda di hari mendatang. Sebab banyak bisnis yang dijalankan tanpa rencana, namun kemudian harus gagal di tengah jalan. Kita harus menganggap rencana bisnis ini sebagai kebutuhan mutlak untuk keberhasilan bisnis.

  • Melakukan Riset Pasar

Sebelum menjalankan bisnis, ada baiknya anda untuk melakukan riset pasar. Hal ini dilakukan untuk bisa memastikan apakah produk kita sudah memiliki pasar. Apakah situasi pasar memang cukup menguntungkan untuk menawarkan produk atau jasa anda. Riset pasar juga dilakukan untuk melihat persaingan dalam bidang yang sedang digeluti. seperti apa kekuatan dan kelemahan mereka, apa keunggulan Anda dibandingkan pesaing,

  • Mencari Lokasi Yang Tepat

Seperti yang sudah diketahui, dalam menjalankan suatu usaha tentu pemilihan lokasi sangat penting. Lokasi yang tepat sangat mendukung untuk tumbuh kembangnya usaha. Sehingga survei lokasi hingga menentukan lokasi yang sangat menjanjikan sangat penting dilakukan.

  • Memperkerjakan Orang yang tepat

Jika bisnis anda sudah berjalan cukup baik, dan sudah bisa melihat peluang pasar dan permintaan, serta mendapatkan lokasi strategis. Ada baiknya anda untuk membangun Tim yang bisa diajak untuk bekerja keras untuk mengembangkan bisnis anda. Sehingga sangat penting untuk mencari orang yang tepat, cari orang yang sesuai dengan bisnis yang sudah dibangun.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY